REFLEKSI

Disinilah ladangku berekspresi, mengungkapkan segala idea dan idealisme ku. Disini pula ku belajar menulis, belajar mengekspresikan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan. Semoga bisa memberikan manfaat sekecil apapun itu.
Subscribe
Selamat Datang di Web Pribadiku. Meskipun sederhana dan sangat tidak ilmiah. Semoga Bermanfaat!!!

Kesalahan Paham dan Mindset

May 15, 2012 By: admin Category: Refleksi Kehidupan

Kesalahan Paham dan Mindset
Oleh
Wajiran, S.S., M.A.
(Dosen Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)

Pada suatu kesempatan mengajar di sebuah kelas Pengantar Pengkajian sastra. Saya menerangkan tentang pentingnya menghalau paham-paham materialis dan hedonis yang disebarkan melalui produk-produk budaya. Karena selama ini masyarakat kita telah terhegemoni dengan produk budaya asing yang jauh dari nilai-nilai budaya kita sendiri. Padahal, nilai-nilai yang terdapat dalam produk budaya asing itu tidak selamanya baik bagi kehidupan kita.

Lihatlah bagaimana bangsa kita yang saat ini lebih cenderung membanggakan produk asing dibandingkan produk sendiri. Kebanyakan dari kita yang lebih memilih menggunakan produk asing dari produk sendiri adalah sebuah contoh kekalahan kita secara telak. Pasalnya dengan lebih memilih produk asing kita telah kalah secara ekonomi maupun ideologis. Secara ekonomi barang yang kita beli keuntungannya akan digunakan oleh Negara dimana asal barang itu. Sedangkan secara ideologis, image building akan keunggulan Negara.

Itulah yang merusak mental kita sehingga sekarang ini kita lebih banyak menggunakan produk asing di dalam segala bidang. Baik dari segi teknologi yang canggih sampai produk-produk yang paling sederhana. Seperti contoh yang paling sederhana adalah produk makan. Jenis atau model memasak makanan adalah suatu bentuk dari model hegemomi paling sederhana. Karena kenyataannya kita telah berkiblat pada Negara barat, termasuk menuman. Lihatlah sekarang di daerah kita telah menjamur model-model makanan cepat saji dengan berbagai nama, tetapi tetap menggunakan model barat. KFC merupakan model yang dijadikan rujukan sebagai produk unggulan di bidang makanan, coca-cola dalam hal minuman juga telah memenangkan percaturan di dalam bisnis di negeri ini. Padahal dengan menggunakan model yang mereka (barat) gunakan, kita harus membayar mahal harga sewa atau Hak Asasi Intelektual dari produk yang kita gunakan. Padahal secara subtansi dan esensi, model makanan yang kita buat tidak kalah steril atau bergizi dengan model-model tersebut.

Makanan cepat saji yang dipopulerkan oleh KFC sebenarnya tidak menawarkan kelebihan secara subtansi. Bahan dan kadar gizi yang ditawarkannya pun cukup sederhanya. Kalau kita bandingkan dari kelengkapan gizi, makanan yang menggunakan sayur akan lebih bergizi dari model KFC atau model yang lainnya. Tetapi inilah dimana image building yang terbangun di dalam mental masyarakat kita telah digerogoti oleh iming-iming tidak mau repot. Karena memang dengan model makanan cepat saji itu kita tidak perlu repot dengan berbagai perangkat yang harus kita gunakan. Seperti mangkok, piring, sendok dan lain sebaginya. Memasaknya juga akan lebih efisien karena tidak perlu berbelanja dengan berbagai sayuran dan komponen lain yang ada dalam makanan “tradisional”. Tetapi kalau kita pikirkan model ini tentu akan merugikan kita sendiri karena umumnya kita hanya mengkonsumsi, sehingga mengapa harus lebih memilih model makanan cepat saji, yang secara gizi dan kelengkapan kalori di dalamnya tidak lebih baik. Kalau kita berfikir jernih harusnya kita akan lebih memilih makanan yang lebih sehat daripada yang ditawarkan model makanan cepat saji itu.

Mindset. Kata inilah yang nampaknya telah telah berubah di dalam diri kita. Orientasi yang salah terhadap keberadaban dan kemodernan suatu Negara nampaknya menjadi acuan pikiran kita. Padahal secara subtansi tidak segala hal yang dibawa negeri barat adalah lebih baik. Namun, karena masyarakat kita lebih mengunggulkan pada nilai gengsi dan prestis, produk makanan semacam ini saat ini telah menjadi trend yang sangat popular di negeri kita ini.

Dari persoalan yang sangat sederhanya inilah kita jadi menyadari bahwa ternyata selama ini kita telah kehilangan identitas. Identitas diri sebagai bangsa yang santun, humanis dan inovatif telah hilang menjadi pribadi yang pengekor dan penjiplak Negara lain. Semoga kita terhidar dari manusia robot yang hanya bisa menirukan atau mengikuti perintah orang lain dari pada keinginan diri sendiri yang benar dan beradap. Wallahua’lamubishawab…

Incoming search terms:

  • refleksi dari kesalahan

Leave a Reply

  • "Hambatan terbesar untuk sukses adalah rasa takut akan kegagalan." - Sven Goran Eriksson
  • SAMBUTAN

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Web site ini saya buat sebagai niatan saya untuk berbagi pengalaman kepada siapa saja yang secara sengaja atau tidak sengaja berkunjung ke blog ini. Saya hanya berharap akan ada manfaat dari apa yang sudah saya tulis di dalam web ini.

    Sungguh saya memohon doa kepada Allah SWT, agar apapun dan bagaimanapun usaha yang saya lakukan ini tidak ada unsur kesombongan atau arogansi intelektual dalam hati saya. Saya Cuma berkeyakinan bahwa gagasan dan pandangan itu akan sangat penting dan bermanfaat jika disebarkan atau disampaikan kepada orang lain. Karena itulah bagian dari jihad mulia kita, yaitu berjihad dengan berbagi ilmu. Meskipun saya sangat menyadari ilmu yang saya miliki jauh dari sempurna. Oleh karena itu sekecil apapun manfaat dari tulisan-tulisan yang ada di web ini semoga memberikan kebaikan bagi kehidupan ini.

    Saya akan sangat menghargai bagi para pembaca yang bersedia memberikan respon atau tanggapan baik melalui email ataupun comment yang ada di setiap akhir tulisan. Sebisa mungkin saya akan merespon dan menanggapi kritik dan saran agar memberikan kebaikan khususnya pada diri saya sendiri.

    Akhirnya, hanya kepada Allah lah saya mohon petunjuk dan pertolongan semoga saya diberi kesempatan untuk memberikan kontribusi yang lebih besar dalam kehidupan ini.

    Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih atas kunjungan anda.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    Wajiran, S.S., M.A.

  • RSS DetikNews

    • KPK Curiga Para Pengacara Nazaruddin Bantu Pelarian Neneng June 13, 2012
      KPK mewaspadai siapa saja yang berhubungan dengan Neneng Sri Wahyuni dalam pelariannya. Lembaga antikorupsi ini curiga para pengacara Nazaruddin juga turut terlibat dalam masa buronan itu. […]
    • Sel Neneng di Rutan KPK Terisolasi June 13, 2012
      Dengan sel yang terpisah di Rutan KPK, diharapkan Neneng tidak bisa berkomunikasi dengan pihak-pihak lain. Sekadar informasi, ada Mindo Rosalina Manulang dan Angelina Sondakh yang juga ditahan di rutan ini. […]
    • Mobil PNS Banten Dibobol Pencuri di Rest Area Tol Jagorawi June 13, 2012
      Sebuah mobil Avanza Hitam bernopol A 1579 KB dibobol kawanan pencuri di rest area Cibubur Square Kilometer 10,6 Tol Jagorawi. Dalam aksi itu pencuri berhasil membawa kabur dua buah laptop, hardisk dan uang tunai senilai Rp 16 juta. […]
  • Gabung


Social Widgets powered by AB-WebLog.com.

google-site-verification: google125bf4f8221d4ce9.html