REFLEKSI

Disinilah ladangku berekspresi, mengungkapkan segala idea dan idealisme ku. Disini pula ku belajar menulis, belajar mengekspresikan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan. Semoga bisa memberikan manfaat sekecil apapun itu.
Subscribe
Selamat Datang di Web Pribadiku. Meskipun sederhana dan sangat tidak ilmiah. Semoga Bermanfaat!!!

Nilai Etik dan Nilai Estetik

May 16, 2012 By: admin Category: Refleksi Kehidupan

Nilai Etik dan Nilai Estetik
Oleh
Wajiran, S.S., M.A.
(Dosen Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)

Setiap kali mengajar teori sastra di dalam sebuah kelas, mahasiswa menanyakan kenapa kita harus mempelajari karya sastra. Apa pentingnya karya sastra bagi masyarakat dan bagi kita pembaca? dengan kata lain, apakah karya sastra bisa memberikan sesuatu yang berguna bagi kehidupan kita?

Pertanyaan itu datang silih berganti, sebagaimana yang kadang terngiyang di dalam pikiran saya. Oleh karena itu, sering juga saat mengajar kepada mahasiswa saya mencoba mencari tahu bagaimana peranan karya sastra di seluruh dunia. Hasilnya. Ternyata seluruh perubahan dan peradaban manusia tidak pernah lepas dari karya sastra. Itulah sebabnya seorang Alfred Nobel mendedakasikan kekayaanya untuk bidang sastra. Itu berarti ia memandang karya sastra memiliki fungsi sama dengan bidang-bidang yang lain; seperti fisika, kedokteran, kimia dan lain sebagainya.

Lalu kenapa kita harus bicara soal nilai etik dan nilai estetik dalam karya sastra? Jawaban dari pertanyaan inilah yang nantinya secara langsung maupun tidak, akan kita ketahui bagaimana pentingnya karya sastra bagi kehidupan masyarakat.

Menurut kamus besar pengertian nilai etik adalah nilai untuk manusia sebagai pribadi yang utuh, misal kejujuran; nilai yang berhubungan dengan akhlak; nilai yang berkaitan dengan benar dan salah yang dianut oleh golongan atau masyarakat. Ilmu yang mempelajari nilai etik disebut dengan etika. Nilai etika ini sangat penting bagi manusia karena disitulah letak kemanusiaan seorang manusia. Binatang tidak akan pernah memiliki atau mempertimbangkan nilai etik. Nilai kejujuran, keberanian atas kebenaran, dan kesungguhan di dalam menjalani kehidupan hanya akan dimiliki oleh manusia. Sedangkan binatang hanya menjalani segala kodratnya tanpa pernah melakukan perubahan, karena binatang tidak dibekali dengan akal dan pikiran.

Nilai etik ini akan memudahkan manusia di dalam membangun peradaban. Baik secara sosial, ekonomi, politik dan budaya. Nilai etik ini juga merupakan fondasi dasar atas nilai kemanusiaan yang paham terhadap agama. Islam adalah agama yang sangat memperhatikan nilai etik ini. Karena Islam memberikan segala perangkat dan ketentuan yang berkaitan dengan kesuksesan manusia di dalam hidup di dunia ini. Oleh karena itu nilai etik menjadi tumpuan bagi setiap muslim yang menginginkan kesuksesan dunia. Dunia dalam Islam adalah ladang atau tempat menanam bagi kebaikan di akherat nanti.

Selain nilai etik, Islam juga mengakui adanya nilai estetik. Nilai keindahan. Di dalam setiap diri manusia dalam Islam harus memiliki nilai keindahan. Seperti cara bicara, berpakaian, bertindak dan segala tingkah laku dalam kehidupan di atur sesuai dengan nilai estetik yang ada di dalam Islam. Bahkan agama Islam adalah satu-satunya agama yang paling lengkap mengatur dan memberi ajaran dalam bidang ini. Karena di hampir setiap tindakan dicontohkan dan ada ajarannya.

Nilai estetik adalah nilai yang berdasar pada keindahan. Ilmu yang mempelajari nilai estetik disebut estetika. Nilai estetik ini sangat penting bagi manusia karena dengan keindahan akan memberikan warna dalam kehidupannya. Dengan demikian manusia akan merasakan kedamaian dan kenyamanan dalam hidup. Karena sudah menjadi kodrat manusia bahwa manusia suka dengan hal-hal yang indah.

Nilai etik dan nilai estetik itu sangat berkaitan erat dengan produk-produk budaya; seperti pakaian, kendaraan, makanan bahkan, juga tingkah laku manusia. Karena manusia adalah makhluk yang dibekali dengan akal dan pikiran nilai etik dan nilai estetik yang dianut adalah yang sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan (baca nilai kemanusiaan). Karena dengan begitulah manusia akan mempu membedakan bahwa dirinya adalah manusia dan bukan binatang.

Dari pengertian sederhana itu barulah kita sadari bahwa karya sastra memiliki nilai yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Karena karya sastra memiliki dua nilai ini sekaligus, yaitu nilai etik dan nilai estetik. Ini jugalah yang menjadikan karya sastra sebagai sesuatu yang tidak tergantikan dengan yang lain. Karena dalam keindahan karya sastra akan terdapat nilai-nilai yang berguna bagi pembaca/masyarakat. Dan itulah yang menjadikan ajaran atau pengetahuan di dalam karya sastra itu lebih mudah diterima oleh masyarkat atau pembacanya.
Bantul, 16 Mei 2012

Incoming search terms:

  • nilai estetika dalam karya sastra

Leave a Reply

  • "Hambatan terbesar untuk sukses adalah rasa takut akan kegagalan." - Sven Goran Eriksson
  • SAMBUTAN

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Web site ini saya buat sebagai niatan saya untuk berbagi pengalaman kepada siapa saja yang secara sengaja atau tidak sengaja berkunjung ke blog ini. Saya hanya berharap akan ada manfaat dari apa yang sudah saya tulis di dalam web ini.

    Sungguh saya memohon doa kepada Allah SWT, agar apapun dan bagaimanapun usaha yang saya lakukan ini tidak ada unsur kesombongan atau arogansi intelektual dalam hati saya. Saya Cuma berkeyakinan bahwa gagasan dan pandangan itu akan sangat penting dan bermanfaat jika disebarkan atau disampaikan kepada orang lain. Karena itulah bagian dari jihad mulia kita, yaitu berjihad dengan berbagi ilmu. Meskipun saya sangat menyadari ilmu yang saya miliki jauh dari sempurna. Oleh karena itu sekecil apapun manfaat dari tulisan-tulisan yang ada di web ini semoga memberikan kebaikan bagi kehidupan ini.

    Saya akan sangat menghargai bagi para pembaca yang bersedia memberikan respon atau tanggapan baik melalui email ataupun comment yang ada di setiap akhir tulisan. Sebisa mungkin saya akan merespon dan menanggapi kritik dan saran agar memberikan kebaikan khususnya pada diri saya sendiri.

    Akhirnya, hanya kepada Allah lah saya mohon petunjuk dan pertolongan semoga saya diberi kesempatan untuk memberikan kontribusi yang lebih besar dalam kehidupan ini.

    Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih atas kunjungan anda.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    Wajiran, S.S., M.A.

  • RSS DetikNews

  • Gabung


Social Widgets powered by AB-WebLog.com.

google-site-verification: google125bf4f8221d4ce9.html